Apa itu WordPress? Sejarah dan Manfaat WordPress

WordPress ialah sebuah platform web/blog yang dapat digunakan melalui wordpress.com ataupun diinstall sendiri di hosting yang kita miliki.

Sejarah singkat WordPress
WordPress ialah sebuah aplikasi yang dapat kamu pakai untukmenciptakan website, baik web pribadi, website portal berita atau bahkan toko online sekalipun.

Tahun 2003 Matt Mullenweg mengejar WordPress sebab kebutuhannya akansuatu software publishing online. Saat tersebut b2 ialah salah satu software serupa yang sudah dihentikan pengembangannya. Maka Mattbareng dengan sejumlah rekannya mengerjakan forking pada code b2 dan jadilah WordPress.

Beberapa saat setelahnya, Movable Type, diantara platform online publishing lainnya merealisasikan harga untuk pemakaiannya, maka makintidak sedikit orang mencari pilihan yang gratis, WordPress ialah pilihan tepat ketika itu.

Hingga ketika ini WordPress berkembang paling pesat dibawah perusahaan yang didirikan Matt, Automattic.Inc.

Kelebihan WordPress
Hanya untuk tipe WordPress.org atau yang versi self-hosted, WordPress teladigunakan di 60 juta website di seluruh dunia. Statistik ini mengindikasikan popularitas WordPress tidak lagi kelas bawah, bahwa terdapat potensi bisnis bernilai jutaan Dollar tersimpan di dalamnya. Pertanyaannya, kenapa orang menyenangi cms ini?

  • Gratis.
  • Pengelolaan yang mudah, Anda dapat mengelola konten blog/web Anda dengan mudah dengan banyak penulis dalam satu website. Bahkan Anda dapat mengatur post untuk dipublish secara umum atau diprivat dengan password.
  • Dukungan komunitas yang luas, hampir di seluruh negara dapat dijumpai komunitasnya. Mereka dengan senang hati menolong saat seseorang mengalami kendala.
    Beragam tema menarik, banyak pilihan tema menarik yang dapat Anda gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar.
  • Beragam plugin disediakan, banyak pilihan plugin yang menunjang kebutuhan web Anda yang dapat digunakan. Bahkan Anda bisa membuat plugin sendiri.
  • Pilihan Bahasa, pilihan berbagai bahasa di dunia sudah tersedia di wordpress.

Comments

You May Also Like