Cara Membuat Backup Otomatis ke FTP di CyberPanel

Beberapa hari terakhir saya melakukan percobaan di panel gratis CyberPanel. Fitur yang ditawarkan bisa dibilang menarik karena menggunakan web server OpenLiteSpeed. Dengan harga yang gratis ini tentu masih banyak kekurangannya. Termasuk dalam hal backup yang digunakan. Fitur backup yang digunakan hanya menggunakan metode sync. Hal ini kurang bagus untuk pengguna awam karena harus menyediakan space VPS external untuk melakukan backup. PAda tutorial Cara Membuat Backup Otomatis ke FTP di CyberPanel ini saya akan sharing dan juga sebagai catatan pribadi saya sendiri dalam penggunaan backup dalam CyberPanel.

Cara yang saya gunakan sangat sederhana, hanya megnandalkan command ftp pada server.

Langsung saja ke tutorialnya, dalam hal ini saya menggunakan CentOS 7.

1. Pastikan command FTP dan nano sudah terinstall pada server. Jika belum silakan login ke SSH servernya dan install FTPnya.

2. Buat file .sh dengan perintah nano

3. Masukkan kode berikut pada filenya.

Catatan: Silakan ganti detail ftp host, user, dan password sesuai dengan detail FTP Anda. Nama domain dhyhost.com diganti dengan nama domain Anda yang dibuat di cyberpanel.

4. Jika sudah save kodenya dengan menekan tombol CTRL X > y > enter.

5. Tambahkan cronjobnya sesuai keinginan, di /var/spool/cron/root atau bisa gunakan perintah berikut untuk menambahkan cronjob harian.

Selesai.

Silakan tinggalkan komentar untuk diskusi lebih lanjut.

Comments

You May Also Like