Cara Install DirectAdmin di Server/VPS CentOS 7

DirectAdmin adalah panel terkini yang sudah berdiri sejak 2003. Perkembangan directadmin sendiri memang tidak secepat cPanel namun tetap update. Yang membuat saya tertarik dengan directadmin juga developernya lebih mendengar keinginan dari pengguna, jika request fitur bisa langsung diterapkan dalam waktu dekat. Panel DirectAdmin ini cocok diinstall di VPS ataupun Dedicated Server karena. Dari segi kenyamanan memang cPanel lebih baik untuk pengguna awam, namun directadmin ini lebih cocok untuk pengguna yang memiliki kemampuan sysadmin karena bisa melakukan modifikasi lebih banyak.

Spesifikasi Server yang Dibutuhkan untuk Install DirectAdmin

HDD Min 10 GB
RAM Min 1 GB
Swap RAM Min 1 GB
Operating system CentOS 7 / CloudLinux 7 (recommended)

Itu adalah spesifikasi minimum yang dibutuhkan, jika spesifikasi kurang kemungkinan proses instalasi akan gagal, karena DirectAdmin sendiri menggunakan cukup banyak RAM saat proses instalasi. Untuk OS yang digunakan saya merekomendasikan Centos 7 atau CloudLinux 7 yang lebih stabil walaupun bisa diinstall di OS lainnya seperti Debian dan FreeBSD.

Cara Install DirectAdmin di Server/VPS CentOS 7

  1. Login ke SSH Server.
  2. Jalankan perintah berikut untuk menginstall komponen yang dibutuhkan.
  3. Jalankan perintah berikut untuk instalasi DirectAdminnya. Pastikan Anda sudah memiliki lisensi aktif di IP Servernya ya, karena DirectAdmin tidak ada trial otomatis.
  4. Silakan tunggu 10-30 menit hingga proses instalasi selesai, lama waktu instalasi tergantung spesifikasi server dan kecepatan bandwidth servernya. Diakhir proses instalasi Anda akan menemukan informasi login ke DirectAdminnya. Seperti contoh berikut.

Demikian tutorial dari saya, jika ada kendala bisa diskusi melalui forum directadmin (forum.directadmin.com) atau bisa melalui forum DWH (diskusiwebhosting.com).

Comments

You May Also Like