Faktor Ini Akan Menghancurkan Bisnis Online Anda

Menjalankan bisnis online saat ini memang menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan dukungan fasilitas yang ada, membuat bisnis di dunia maya semakin berkembang. Meski begitu fenomenal, bisnis online masih memiliki beberapa masalah dan kekurangan. Bahkan, tidak hanya itu, beberapa hal sepele juga bisa membuat bisnis online menderita kerugian dan kemunduran. Dari adanya beberapa hal sepele yang bisa mendatangkan kerugian ini, maka Anda yang menjalankannya harus ekstra waspada untuk bisa mengantisipasinya. Nah berikut ini beberapa faktor yang dapat menghancurkan bisnis online Anda.

  1. Foto produk kurang menarik

Pertama, hal sepele yang bisa membuat bisnis online mengalami kerugian adalah foto produk yang kurang menarik. Dalam bisnis online di mana pembeli tidak dapat melihat dan memegang produk secara langsung, foto menjadi komponen yang sangat penting untuk dioptimalkan. Sayangnya tidak semua bisnis online mengerti hal ini sehingga mereka mengunggah foto produk yang ceroboh. Foto ceroboh yang biasanya diunggah ke platform online biasanya dalam bentuk foto dengan resolusi kurang dan juga foto tanpa perencanaan. Tentu saja foto yang ceroboh yang diunggah ke platform online apa pun akan membuat pelanggan potensial kurang tertarik. Jika calon pelanggan tidak tertarik, akan sulit untuk terjadi transaksi pembelian dan akan membuat Anda menderita kerugian.

  1. Deskripsi Produk Kurang Lengkap

Untuk alasan malas tidak sedikit bisnis online yang membuat deskripsi singkat. Meskipun pembeli Anda sudah memahami produk yang Anda jual, tetapi dengan deskripsi yang terlalu singkat ditampilkan, ini membuat pengunjung atau calon pelanggan kurang tertarik. Dari deskripsi yang terlalu pendek, beberapa pelanggan potensial juga berpikir bahwa Anda tidak serius menjalankan bisnis online. Belum lagi kemungkinan konsumen yang merasa tertipu dengan pembelian mereka karena deskripsi yang tidak lengkap. Untuk alasan yang sama, yaitu tidak adanya kemampuan konsumen untuk melihat dan merasakan produk secara langsung, transaksi online ini memang dapat menyebabkan pembeli merasa tertipu jika uraiannya tidak jelas. Dari semua hal ini, menulis deskripsi yang tidak lengkap dan tidak jelas dapat menyebabkan bisnis online menderita kerugian.

  1. Situs web Kurang Cepat Saat Diakses

Selanjutnya, hal sepele yang dapat membuat bisnis online Anda mengalami kerugian adalah situs web yang lola atau memuat lambat saat diakses. Anda yang menjalankan bisnis berbasis platform online, Anda benar-benar harus mengantisipasi akses yang lambat. Jangan pernah berasumsi bahwa pengunjung akan dengan sabar menunggu situs web Anda dimuat. Karena tidak semua pengunjung memiliki sikap seperti itu. Sekarang dari sikap konsumen yang bisa tidak sabar dalam menanggapi akses situs web yang lambat, maka harapan Anda untuk meningkatkan penjualan akan sulit terwujud. Dari sini jika Anda membiarkannya berjalan terus, itu akan membuat bisnis online Anda terancam. Gunakan Semi-Dedicated Hosting DhyHost agar web Anda cepat diakses.

  1. Lama Menanggapi Konsumen

Mirip dengan menunggu lambatnya akses suatu situs web, menunggu tanggapan dari penjual terasa sangat membosankan bagi konsumen. Ketika konsumen sudah merasa bosan, ia akan tampak kesal dan jengkel. Jika konsumen kesal dan kesal karena lamanya waktu menunggu tanggapan dari Anda sebagai penjual, maka ini bisa membuat mereka kecewa dan tidak mau membeli. Oleh karena itu, sebagai penjual atau pebisnis online, adalah kewajiban Anda untuk merespons konsumen dengan cepat ketika mereka bertanya atau bahkan jika mereka mengeluh.

  1. Melupakan Promo

Akhirnya, hal sepele yang sering tidak dilakukan oleh para pebisnis online dan membuat bisnisnya mengalami kerugian yaitu melupakan promo. Mungkin Anda menganggap bahwa promo ini tidak begitu penting karena hanya menguntungkan pembeli. Anda perlu tahu bahwa dalam masa persaingan yang ketat seperti sekarang membuat metode pemasaran dengan konsep promo mendominasi pasar begitu banyak. Nah karena banyaknya pebisnis lain yang menjalankan konsep promo pemasaran, maka bagaimana hal itu kemudian membuat konsumen beralih kepada Anda jika Anda hanya berpegang teguh pada strategi lama. Jadi dari sini jika Anda tidak ingin mengalami kerugian, pastikan Anda menyajikan promo kapan saja. Strategi promo itu sendiri memiliki banyak jenis seperti diskon, ongkos kirim gratis, cashback, lotere dan sebagainya.

Comments

You May Also Like