6 Rekomendasi Tools Gratis untuk Mengecek Kecepatan Website

Kecepatan website merupakah faktor utama dalam menentukan keberlangsungan bisnis online Anda baik itu untuk web usaha atau web media online. Pengguna akan lebih menyukai akses web yang cepat agar dapat melihat informasi pada website Anda lebih mudah. Efek samping jika web Anda lambat diakses yaitu pengunjung akan pergi dan juga dapat meningkatkan beban server. Beberapa Rekomendasi Tools Gratis untuk Mengecek Kecepatan Website ini yang bisa saya gunakan untuk mengecek apakah website lambat atau tidak. Menurut saya rekomendasi kecepatan website itu 1-5 detik untuk website landing page atau company profile dan 1-10 detik untuk website blog atau media online. Hal ini dikarenakan masih banyaknya wilayah di Indonesia yang masih belum terjangkau jaringan 4G jadi akan kasihan jika terlalu lama dalam mengakses website Anda.

Berikut adalah tools yang biasa saya gunakan.

1. GtMetrix

Gtmetrix adalah tools penguji kecepatan website yang paling saya sarankan karena tools ini memberikan beberapa fitur yang cocok untuk pemula ataupun yang sudah profesional terhadap optimasi website. Gtmetrix bukan hanya penguji kecepatan website, namun juga menganalisis website serta memberikan rekomendasi hal yang dapat dioptimasi.

tools pengecek kecepatan website

Gtmetrix memberikan rekomendasi optimasi dari PageSpeed dan YSlow beserta memberikan informasi waterfal atau berapa lama response time server per konten yang ada di website. Jika Anda mendaftar akun di gtmetrix maka Anda dapat menyimpan hasil test yang Anda lakukan serta memiliki lokasi server penguji. Gtmetrix menyediakan beberapa lokasi server yaitu Canada, USA, United Kingdom, Brazil, China dan Australia. Defaultnya jika tidak mendaftarkan akun yaitu server Canada namun saya biasa melakukan pengujian dari server Australia karena jaraknya tidak jauh dari Indonesia.

2. Pingdom

Pingdom adalah tools penguji kecepatan website yang memiliki rekomendasi sendiri, tidak seperti gtmetrix yang memberikan hasil berdasarkan pagespeed dan Yslow. Namun untuk rekomendasi yang diberikan tidak sedetail di gtmetrix. Hanya beberapa point pentingnya saja selebihnya pemilik website harus mencari tau sendiri.

tools pengecek kecepatan website

Rekomendasi memang tidak selengkap di gtmetrix namun untuk informasinya cukup jelas. Pingdom menampilkan total request per file dan juga memberikan komposisi konten web Anda seperti berapa jumlah gambar, css, javascript dll. Pingdom memiliki lebih banyak lokasi server walaupun sebagian berasal dari negara yang sama yaitu US, Eropa, dan Australia.

3. GeekFlare

GeekFlare adalah tool kecepatan website gratis yang termasuk baru. Tools ini dapat melakukan pengecekan kecepatan website berdasarkan versi dekstop dan mobile. Dalam laporannya, Uniknya GeekFlare menyediakan informasi di detik ke berapa konten di website Anda mulai loading dan di detik berapa halaman website Anda sudah loading secara penuh.

tools pengecek kecepatan website

GeekFlare tidak hanya memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kecepatan website, namun juga memberikan informasi mengenai keamanan website dan memberikan rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan oleh pemilik website.

4. KeyCDN SpeedTest

Tools berikutnya yaitu dari keyCDN. keyCDN Speedtest adalah tools penguji kecepatan yang paling sederhana. KeyCDN memberikan informasi waktu dalam membuka website, size website, komposisi konten serta data waktu membuka website per konten.

tools pengecek kecepatan website

Namun sayangnya pada tools ini hanya memberikan informasi kecepatan website, tidak memberikan rekomendasi hal yang harus di optimasi. Lokasi server pengujian dilakukan dari server India.

5. PageSpeed Insights

Selanjutnya yaitu PageSpeed Insights. PageSpeed Insights adalah tools penguji kecepatan yang dikembangkan oleh Google. PageSpeed Insights dapat memberikan informasi pengujian berdasarkan akses melalui Mobile dan Dekstop.

tools pengecek kecepatan website

Untuk hasil pengujian melalui dekstop sebenarnya sama dengan hasil yang diperoleh dari Gtmetrix. Namun di tools ini Anda juga dapat melihat analisis melalui mobile. Score di versi mobile biasanya lebih rendah dibandingkan versi dekstop untuk website yang memiliki desain yang sama atau responsive desain. Score wajar yaitu sekitar 50-80. Jika ingin mendapatkan score yang lebih bagus pemilik website harus benar-benar memiliki tampilan khusus untuk versi mobile seperti menggunakan AMP.

6. Cepatkah

Tools ini dibuat oleh salah satu penyedia layanan IaaS (Infrastucture as a Service) di Indonesia. Tools melakukan pengujian dari lokasi server di Indonesia sehingga dapat menampikan detail yang lebih akurat untuk kecepatan akses dari Indonesia.

tools pengecek kecepatan website

Tools ini tidak diniatkan untuk memberikan analisa yang detail dan mendalam, namun pemeriksaan standar yang dirasa cukup untuk menjadi alternatif acuan. Fitur yang disediakan yaitu hanya pemeriksaan latensi dengan cara ping, kecepatan mendapatkan kode HTML, kecepatan memuat situs secara utuh, beserta tangkapan layar untuk website Anda.

Kesimpulan

Cek kecepatan website adalah hal yang harus dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisi web Anda baik-baik saja ketika diakses oleh pengunjung. Dari semua tools yang ada yang paling sering saya gunakan yaitu gtmetrix. Namun banyak faktor yang juga mempengaruhi kecepatan website seperti performa hosting dan lokasi server. Khusus untuk website yang berada di server Indonesia jangan terlalu mengandalkan tools tersebut karena hasil load website di luar negeri biasanya lebih lambat dan sebaliknya jika website Anda berada berada di server luar negeri maka hasil tools lebih cepat namun akses secara langsung bisa lebih lambat

Comments

You May Also Like