Cara Backup Aplikasi Menjadi File APK Di Android

Meninstal aplikasi Android pada Google Play Store tentulah sangat mudah, namun beberapa aplikasi memiliki ukuran yang cukup besar sehingga kita akan memerlukan kuota maupun ruang penyimpanan yang cukup besar.

Setelah beberapa saat kita menggunakan aplikasi tersebut normal – normal saja, namun apabila aplikasi tersebut mengalami error yang mengharuskan instal ulang tentunya hal tersebut sangatlah merugikan. Untuk mengatasi hal tersebut mungkin kita bisa coba dengan melakukan backup aplikasi menjadi file APK, sehingga ketika sewaktu – waktu dibutuhkan kita tidak perlu lagi mengeluarkan kuota untuk sekedar menginstalnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara backup aplikasi menjadi file APK di Android, mari kita simak bersama- sama.

Backup Aplikasi Menggunakan AppBackup and Restore

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan backup pada aplikasi lainnya menjadi file APK adalah AppBackup and Restore. Aplikasi ini dapat kamu instal melalui Google Play Store, kelebihan dari aplikasi ini adalah ukurannya yang hanya 1.5 MB. Meskipun begitu aplikasi AppBackup and Restore ini memiliki rating 4.4 dengan berbagai respon yang baik dari para penggunannya. Cara menggunakan aplikasi tersebut juga cukup mudah.

  • Instal AppBackup and Restore melalui Google Play Store terlebih dahulu.
  • Kemudian jalankan aplikasi tersebut, pada halaman awal akan ada banyak aplikasi yang telah terinstal pada smartphone Androidmu.
  • Pilih aplikasi mana saja yang hendak kamu backup dengan cara tap hingga aplikasi tersebut terceklist.
  • Setelah kamu sudah menentukan aplikasi mana saja yang hendak di backup tinggal pilih menu backup yang ada pada bagian bawah.
  • Tunggu hingga semua proses selesai, lama dari proses ini sendiri tergantung dari besaran aplikasi yang hendak kamu backup.
  • Pada halaman awal akan ada pilihan Installed dan Archived, pada bagian Archived inilah aplikasi yang telah selesai dibackup berada.
  • Pada aplikasi AppBackup and Restore ini juga ada fitur untuk mengirim, sehingga lebih memudahkan kamu ketika ingin menyimpan file APK kedalam cloud ataupun mengirimnya ke smartphone Android temanmu.

Backup Aplikasi Menggunakan ASTRO File Manager

Aplikasi di smartphone Android berikutnya adalah ASTRO File Manager, aplikasi ini selain dapat mengubah aplikasi menjadi file APK juga berguna sebagai file manager pada smartphone Androidmu. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 50jt ini dapat kamu instal secara gratis melalui Google Play Store. Berikut cara melakukan backup aplikasi menjadi file APK menggunakan ASTRO File Manager.

  • Pertama buka aplikasi ASTRO File Manager, pada halaman awal akan banyak folder yang terdapat pada penyimpanan smarphone Androidmu.
  • Geser menu kearak kanan, atau bisa menekan icon garis 3 pada bagian kiri, lalu pilih logo palu dan kunci.
  • Pada menu tersebut akan ada beberapa pilihan, klik atau tap pda opsi App Manager.
  • Akan ada banyak aplikasi yang telah kamu instal sebelumnya, pilih aplikasi yang hendak kamu backup dengan cara tap icon 3 titik yang berjajar.
  • Maka kamu akan diarahkan ke dalam menu baru dan pilih opsi backup untuk melanjutkan proses. Bila aplikasi telah selesai terbackup akan ada tanda centang berwarna hijau.

Masih banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membackup aplikasi menjadi file apk, sehingga kita tidak perlu khawatir apabila sewaktu – waktu aplikasi kita mengalami error ataupun terhapus. Itulah beberapa cara melakukan backup aplikasi menjadi file APK di Android yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah kamu.

Comments

You May Also Like